Mazda Mobil Murah Dengan Tenaga Besar

Saat ini industri otomotif di idn slot Indonesia semakin hari semakin kompetitif sehingga menimbulkan persaingan yang sangat ketat antar produsen otomotif yang sudah lama maupun juga pendatang baru maupun antar ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek). Di tengah beratnya iklim bisnis saat ini dan juga lingkungan yang kompetitif tersebut, berbagai strategi harus dilakukan perusahaan agar tidak kehilangan pelanggannya baik dari sisi pelayanan, teknologi yang dimiliki pada kendaraan yang diciptakan maupun kualitas produk yang diberikan kepada konsumen, sehingga produsen kendaraan dapat memenangkan persaingan baik dari sisi penjualan produk maupun dari sisi pelayanan kepada konsumen. Sehingga dapat menimbulkan dampak kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan meningkat. Bukan hanya dari sisi kualitas saja yang harus dipertahankan melainkan dari sisi harga baik harga kendaran maupun suku cadang yang akan dibutuhkan oleh konsumen. Sejak tahun 1920 Mazda didirikan, Mazda sudah menawarkan berbagai teknologi hingga saat ini baik dari sisi mesin maupun dari sisi harga.

Sejarah Mazda

Mazda didirikan pada tahun 1920 dan sudah 101 tahun berdiri dan memproduksi kendaraan. Meskipun dahulu pernah membuat penyumbat botol dan senjata saat perang dunia II. Mazda akhirnya dikenal dengan mesinnya yang menggunakan sistem Rotary Engine. Mobil pertama Mazda-Go sendiri merupakan kendaraan roda tiga yang menyerupai sepeda dan dilengkapi tempat untuk mengangkut barang di belakang kendaraan tersebut. Mazda-Go merupakan produk pertama yang telah berhasil dikembangkan Toyo saat itu. Toyo Cork Kogyo merupakan nama awal sebelum berubah menjadi Mazda. Nama Mazda sendiri berasal dari nama dewa harmoni, kecerdasan, dan kebijaksanaan dari peradaban paling awal di Asia Barat yaitu “Ahura Mazda”. Pada 1950-an, Mazda mulai membuat kendaraan roda empat dan mulai menjual ke publik. Sehingga pada era 1960-an lahirlah kendaraan berpenumpang pertama yaitu R360 Coupe yang berhasil diperkenalkan ke dunia. Dua tahun setelah lahirnya R360 Coupe maka muncul-lah mobil pertamanya yang menggunakan mesin berbasis rotary engine pada kendaraan barunya yaitu Cosmo Sport 1105 dengan hasil kerjasama dengan mitra perusahaan. Inilah bibit pertama munculnya mesin kendaraan bermotor menggunakan system Rotary engine. Pada tahun 1970 Mazda telah memasuki pasar Amerika Serikat dengan mobil unggulannya yaitu R100 Coupe yang diproduksi secara massal di AS dan menghasilkan penjualan yang sukses dan menjadikan batu loncatan untuk memproduksi Rotary Pickup untuk Amerika Utara dan Kanada. Karena adanya inovasi yang dilakukan oleh Mazda pada tahun 1960 maka lahirlah mobil – mobil bertenaga besar yang didasarkan dari B-Series yang menggunakan tenaga piston. Pada 1978 lahirlah mobil sport yang terjangkau dan bertenaga besar yaitu Mazda RX-7 yang dilanjutkan dengan Mazda RX-8 yang merupakan bibit hasil perkembangan dari mobil sebelumnya yaitu Mazda R360 Coupe yang dimana Mazda RX-7 dan adiknya Mazda RX-8 hingga saat ini banyak digemari oleh para penggemar mobil sport JDM (Japanese Domestic Market).

Tipe Mobil Mazda

Jika kita mendengar mobil keluaran pabrik Mazda maka yang terbayang di pikiran sobat semua adalah mobil sports dua pintu dengan tenaga mesin yang sangat besar serta cara kerja mesin yang sangat unik dikarenakan mesin yang digunakan bukanlah menggunakan piston yang bergerak naik turun pada silinder mesin melainkan piston segitiga yang bergerak berputar dengan ruang bakar yang menjadi satu. Berikut adalah beberapa mobil Mazda yang menggunakan mesin yang diciptakan oleh Felix Wankel yang sangat unik dengan cara kerja pada sistem mesinnya berputar atau yang dikenal dengan Rotary Engine.

RX-7

Sebelum Mazda RX-7 lahir ada beberapa pendahulunya seperti Mazda RX-3, Mazda Cosmo dan masih banyak seri lainnya. Tetapi Mazda RX-7 sendiri mempunyai 3 generasi dari Mazda RX-7 Savanna, RX-7 FS hingga yang paling terkenal yaitu RX-7 FD yang merupakan mobil yang mengusung kejayaan mesin rotary di dunia. RX-7 sendiri memiliki pesaing yang sangat banyak pada masanya seperti Mitsubishi GTO, dan Toyota Supra Mark IV, Skyline GT-R R33-R34, sampai Honda NSX. Sehingga Mazda RX-7 FD pernah menjadi posterboy dari mobil performa Jepang yang booming di tahun 1990-an. Selama 24 tahun Mazda memproduksi pada tahun 1978-2002 lahirlah Mazda dengan seri RX-nya dengan tiga generasi berbeda. Semua berawal dari sports car murah pesaing Lotus Elan, RX-7 berevolusi menjadi salah satu sports car ikonik Jepang yang melegenda dengan mesin rotary-nya.

RX-8

Setelah Mazda RX-7 FD lahir Mazda melakukan perkembangan dengan menghadirkan Mazda RX-8 yang merupakan adik dari Mazda RX-7 FD dengan berbagai perubahan baik dari interior maupun dari sisi exterior dengan tetap menggunakan teknologi mesin yang sudah ada. Mazda RX-8 yang merupakan salah satu sport car besutan Mazda yang menggunakan mesin rotari generasi berikutnya setelah Mazda RX-7. Sport car berpintu empat dengan bentuk unik ini pertama kali dikenalkan ketika pergelaran North American International Auto Show pada tahun 2001 dan mobil keluaran Mazda ini diproduksi secara masal pada tahun 2003 untuk melanjutkan kesuksesan pendahulunya yaitu, Mazda RX-7. Mazda RX-8 ini sendiri mempunyai beberapa rival mobil seperti Honda S2000, Toyota Celica, Audi TT, BMW M3 dan juga Mercedes SLK series. Perubahan yang dilakukan oleh Mazda sendiri pada sisi eksterior pada RX-8 adalah dengan membuat lampu yang berbentuk runcing dengan sudut tajam yang membuatnya terlihat agresif. Bukan hanya eksterior saja yang membuatnya terlihat lebih agresif melainkan dari sisi mesinnya pun juga mendukung dengan menggunakan sistem mesin rotary seri 13B dengan 1,3L yang dapat menghasilkan 232 horse power dan dapat menghasilkan perputaran pada 5500 rpm dengan torsi sebesar 215Nm sangatlah mendukung kegarangan dari mobil RX-8 ini meskipun masih menerapkan percepatan 5 shift dan 6 shift pada transmisi matic mobil ini dengan sistem tritonic yang dapat dipilih pada shift paddle.

Kenapa Harus Mazda

Mengapa harus Mazda? Dari jaman dahulu hingga saat ini Mazda banyak sekali mengeluarkan berbagai perubahan baik dari sisi interior maupun eksterior. Teknologi yang ditawarkan oleh Mazda sangatlah banyak dan juga tidaklah terbilang sangat mahal. Banyak sekali teknologi mesin yang dikembangkan oleh produsen mobil Mazda ini sendiri seperti SkyActiv G, SkyActiv X, SkyActiv D, SkyActiv Hybrid, i-Activsense, G-Vectoring Control dan masih banyak lainnya. Dengan adanya teknologi yang begitu banyak dan begitu canggih yang dapat memberikan kenyamanan pada konsumen saat berkendara serta memberikan harga yang cukup terbilang tidak terlalu mahal merupakan salah satu penawaran yang diberikan oleh Mazda sendiri kepada konsumen, sehingga konsumen dapat merasa puas dan konsumen tidak perlu ragu dalam memilih kendaraan roda empat yang nyaman dan tidak terlalu mahal serta perawatan pada kendaraan yang dimiliki konsumen tidaklah terlalu susah dikarenakan onderdil yang dijual juga cukup banyak pilihan dan banyak variasi harga.

Leave a Comment

Your email address will not be published.